Mari menghafal alquran

sedikit ulasan dr agenda sehari bersama alquran di kota taman.
Hari itu, ahad 7okt12 masjid darussalam.
Sungguh mesjid yg cantik dg desain yg kalo untukq awalnya agak aneh. Karena, Terdiri dari 3 tingkat. Tapi kalo masuk lgsung lantai 2. Lantai 1 untuk playgroup a.k.a TPA. Dan 1 lg yg mengesankan dr mesjid ini adalah...

Mesjidnya dingiiiin banget. Bukan karna ventilasi asli. Tapi, karena utk area jamaah akhwat sj, dg ukuran sktr 15x15m full AC 6 biji 2pk. Dingin khan? Mana dapat tempat du2k pas dpan Ac. Pagi itu juga gerimis sob. Jadi ya lengkap dinginnya. Brrr

Cukup dulu soal suasananya. Now back to main topic
Jadi sob, acara ini diawali dg tasmi' (membaca alquran tanpa mushaf quran ) dari seorang hafidz (ya iyalah, kalo bukan hafidz, mana bisa ;-))
Setelah beliau tasmi, lalu beliau menyampaikan sedikit taushiyah agar kita bisa menghafal al quran dg mudah. Bgini kira2 liputannya.

1.Untuk bisa menghafal alquan temukan alasan kenapa kamu harus menghafal.

Salah satu hadis mengatakan, jika anak menghafal alquran, maka ortumu akan mendapat mahkota yang cahayanya lebih terang dri matahari.

Dan karena hadist inilah sang ustadz termotivasi untuk menjadi hafidz. Beliau tdk bisa membalas apa yg telah ortunya lakukan dengan uang, karna beliau tidak berduit. Subhanallah kan motivasinya?
Lalu kita? Pernahkah ada keinginan untuk bisa menghafal?
Jika ada, apa alasannya?

2.Hal yang paling sulit kata sang ustadz adalah bukan menghafal tapi Menjaga.

Hafalan yg sdh dimiliki wajib hukumnya untuk senantiasa diulang. Sedangkan menambah hafalan adalah sunnah.

Jadi yang penting adalah manajemen murojaah.

Ini tips dari ustadznya, bagaimana beliau menghafan

Bada subuh utk menghafal. Pagi sampe siang kuliah.
pulang skolah smpe bada isya murojaah hafalan..

Yang terpenting adalah Mengulang hafalan setiap hari. Mengulang hafalan yg baru dihafal min 2 Kali sehari. Baca ulang 3 Kali, baru hafalin mulai ayat 1. Stelah itu ayat 2. Dan dalam membacanya ulangi dari ayat pertama. Agar tidak mudah lupa atau tertukar dengan ayat yang lain. Begitu seterusnya.

Tahukah kamu sob, dengan metode seperti itu, Ustadnya mampu menghafal setelah 1,5 tahun. 6 bulan pertama dipakai untuk murojaah hafalan.

Kalo kamu??? Aishh, maluuu...
Tapi tidak ada kata terlambat kan?mari memulai. SEMANGAT!!!

Finish @home

Sylvia ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abah

Catatan Diri!

Pintu masuknya syaithon golongan jin pada manusia