Karena DAKWAH bukan PILIHAN



Sedikit catatan hasil tatsqif kemaren ( 19 juni2012/ 29 rajab 1433 H) di Bontang bersama ustadz. Salim A. fillah ( yg ternyata, sya baru nyadar kalo beliau angkatan ’84 J). Judulnya ‘KETIKA DAKWAH BUKAN PIIHAN’
Sebagaimana cirri khas penulis satu ini, dengan bahasanya yang mengalir, namun memberi cukup banyak makna sehingga tak bosan untuk mendengar apalagi membaca tulisan tulisan beliau dalam buku bukunya yang mungkin tidak begitu terkenal di kalangan orang yang belum mengenal dakwah namun, beliau laksana selebriti bagi kita (saya), meski baru bergabung dalam jalan cinta ini…
Dibuka dengan quran surah yusuf :108, kemudian pembahasan menganak sungai cukup panjang hanya dengan membahas 1 ayat ini. 

108. Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik".
Syeikh musthafa mansyur mentafsirkan ayat ini sebagai ayat yang menjadi alas an mengapa DAKWAH BUKAN PILIHAN. Didalamnya disampaikan nilai-nilai dakwah.  Sedikit berkisah mengenai surah yusuf. Didalamnya dikisahkan mengenai keluarga dakwah nabi yaqub. Bahwa dalam keluarga dakwah juga banyak onak dan duri. Bahwa banyaknya saudara ternyata juga ada sisi kecemburuan pada yusuf, si cerdas, si gagah dan si kecil nyang menjadi promadona bagi sang ayah, nabi yawub. Lalu kemudian yusuf di asingkan, dimasukkan ke sumur, lalu saudaranya berbohong kepada nabi yawub bahwa yusuf telah dimakan serigala. Kemudian dengan scenario begitu indeah, yusuf terselamatkan, dijual sebagai budak kepada keluarga firaun. Lalu tumbuh dengan gagah, mendapat cobaan dari majikannya lalu masuk ke dalam penjara, mentafsirkan mimpi dan kemudian juga dengan begitu indah, kembali dipertemukan dengan ayah tercinta. Dan itulah sepenggal kisah keluarga dakwah.
Kembali ke bahasan ayat yusuf 108, didalamnya dibahas setidaknya 6 nilai dakwah,
1.      
       Hadzihi sabili ( inilah jalanku)
Dakwah adalah jalannya ahli surga, ahli pahala, ahli keindahan. Namun, jalan yang mesti ditempuh bukan mudah, sudah tabiatnya penuh onak duri, panjang jalannya. Meminjam istilah salah satu grup nasyid … awalnya jauh, ujungnya belum tiba…. Dan kita berupaya menjadi salah satu batu bata tembok kejayaan islam yang masih senantiasa diusahakan untuk terus terbangun ini. Jalan ini sedikit pengikutnya.
 (QS. Fushilat : 33)
33. Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku Termasuk orang-orang yang menyerah diri?"

Jalan ini ada untuk orang-orang yang sabar, sehingga hanya pada waktunya nanti baru akan bisa panen. Saat ini adalah saat penanaman, bukan untuk memetik.
Di jalan ini, Alloh SWT menguji Rosululloh dan para rasul, sahabat, tabi’in, serta mukmin dengan segala keunggulan yang dimiliki…
Sedikit berkisah tentang rasululloh Muhammad saw. Beiau adalh orang yang terpercaya ( al amin) bahkan saat beliau telah menjadi nabi beliau tetap terpercaya karena musuh2nya,dari bani quraisy tetap menitipkan harta mereka kepada nabi Muhammad. Rasululloh adalah orang terpercaya selama 40 tahun beliau adalah orang paling jujur sedunia. Lalu kemudian saat beliau berusia 40 tahun, turunlah surah al alaq, kemudian beliau menyerukan untuk menyembah hanya pada ALLOH, menyeru ketauhidan, maka beliau kemudian menjadi orang yang dianggap sebagai pembohong, penyihir. Menjadi orang yang paling di dustakan saat itu oleh bani quraisy, sukunya sendiri yang selama 40 tahun percaya kepadanya, bahkan dalam siroh diceritakan bagaimana rasululloh ketika berkisah kepada masyarakat dan bertanya apabila saat ini I ufuk sana belum terlihat apapun lalu kemudian aku berkata sedang ada kafilah dagang yang menuju ke tempat ini, apakah kalian percaya kepadaku? Dan kemudian seluruh suku menjawab iya, dan kami tidak mempercayai penglihatan kami.
Rasululloh kemudian menjadi orang yang paling di dustakan, dilempari dengan kotoran menjijikan, dilempari batu hingga pelipisnya berdarah, dijerat lehernya ketika solat.
Selain rasululloh ada pula kisah maryam, seorang wanita yang paling terjaga kesucian dirinya. Tak pernah sedikitpun disentuh oleh laki-laki manapun, paling top ibadahnya dan dekat kepada ALLoh, lalu kemudian ia diuji dengan mengandung nabi Isa as. Dituduh sebagai pezina, dikucilkan dari masyarakat, disembunyikan di tengah gurun. Lalu ada pula kisah nabi  Ibrahim yang telah menunggu begitu lama untuk kehadiran seorang putra, dan ketika ia memiliki ismail, lalu Alloh mengujinya untuk menyembelih satu-satunya anak yang begitu di damba,. Lalu kemudian pantaskah kita untuk mengeluh pada sulitnya (o ya?) jalan yang kita lalui? Lalau pantakah kita berkata, sudah cukup di jalan ini ketika mentis mentis berkata, maaf ka’ sibuk ni, belum bisa hadir liqo.. atau sedikitinya jumlah peserta yang hadir meski kita ‘meras’ telah maksimal mempersiapkan agenda dakwah?
Inilah jalanku… jalannya para nabi

Kisah yang paling banyak di ulas adalam Aluqran adalah kisah nabi musa as. Mengapa? Salah satu hikmah yang terkandung didalamnya adalah ternyata, Alquran sebagai penghibur bagi jalan dakwah rosululloh. Karena setidaknya rosululloh mempunyai 4 keunggulan dibandingkan nabi musa as.
1.       Nabi Muhammad fasih bicaranya, karena dibesarkan oleh halimah as sa’diyah, bani bangsa arab yang paling asli bahasanya. Beliau telah menjadi saudagar, pedagang secak usia 6 tahun sehingga mampu menggunakan logat bahasa arab dari semua suku dari syam hingga yaman. Baik rupanya hingga dalam sebuah hadist digambarkan oleh seorang sahabat, rasululloh berperawakan sedang, ia tidak menjengkelkan ketika berada di antara orang orang yang tinggi besar dan tidak dirasa menyakiti bketika berada di antara orang orang yang pendek. Wajahnya rupawan, berkilit beresih, tersuci hati beliau karena dibasuh oleh malaikat ketika kecil.
Bandingkan dengan nabi musa as, yang cacat lidahnya. Sedikit kisah tentang keccacatan ini terjadi ketika musa kecil di adopsi oleh keluarga firaun yang ketika itu mengharamkan anak lelaki hidup karena dianggap dapat menyaingi firaun, karena kekhawatiran mendalam sang raja, maka disarankan oleh penasehat kerajaan untuk menghadapkan musa kecil pada 2 pilihan, jika musa kecil memilih perhiasan maka jika ia dewasa maka ia akan menjadi pesaing firaun dan membahawyakn sehingga harus dibunuh, namun jika musa kecil emilih bara api, maka si kecil tak berbahaya. Dengan kebesaran ALLOh SWT, musa kecil memilih bara api, bahkan memasukkannya ke dalam mulutnya sehingga cacat lidahnya, kelu bicaranya.
2.       Nabi Muhammad sempurna masa lalunya, beliau lahir dari keluarga terpandang, ayahnya adalah keturunan terbaik dari bani terbaik di tanah arab. Kakeknya adalah penguasa tunggal tanah Aarab, meski dilahirkan dalam keadaan yatim ia menjadi pemuda yang disayangi, terjaga lingkungannya, menjadi orang yang terpercaya. Maka kemudian tidak mengherankan sebenarnya ketika beliau yang ditunjuk ALLoh sebagai nabi, penujuk risalah ALLOH
BandIngkan dengan nabi musa yang diangkat menjadi nabi setelah beliau membunuh seorang bani israil hingga ia lari ke negeri madyan
3.       Nabi Muhammad saw. Tidak pernah memiliki hutang budi secara langsung dengan para musuhnya sehingga lebih mudah untuk menghadapi musuh. Bandingkan dengan nabi musa yang harus memerangi ayah angkatnya sendiri
4.       Nabi Muhammad memiliki banyak pengikut yang setia dan rela berkorban untuk beliau. Ada nama nama seperti abu bakar ash shiddiq yang di hari pertama beliau mengucap syahadat kemudian mmberikan 40 ribu dirham( 1 dirham = 3,5 gr perak @Rp.70.000 = 2,8 Milyar) untuk dakwah rasululloh. Belum lagi Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, thalhah dan banyak lagi lainnya. Bandingkan dengan nabi musa as yang tak punya pengikut. Ketika dikejar pasukan firaun di dekat laut merah, dengan mudahnya berkata pada pemimpinnya, ‘ sesunggunhnya kita benar benar akan tersusul? (tolong aja, saat kejepit, pikiran negatifnya ko kec=nceng?). lalu ketika terselamatkan, mereka berkata pada musa, mintakan kami makanan pada tuhan mu wahai musa. Setelah diberi manna dan salwa (istilahnya, makanan paling lezat yang ada disana), minta lagi nda mau Cuma 2, harus ada lalapannya, sayur, bawang, kacang adas, dll (dasar maruk). Setelah kenyang kemudian di seru kembali oleh nabi musa as untuk kembali berjihad, e, mereka pada bilang,
‘silahkan Musa, kau berperang sana berdua bersama tuhanmu, kami akan disini menunggu…‘;?

Dari 4 hikmah diatas, maka sesungguhnya dakwah rasululloh dan pengikut rasululloh adalah lebih mudah dan BISA dilakukan.
2.       Ad’u Ilallah (menyeru ke jalan ALLOH)
Hikmah kedua dari surah yusuf ayat 108 adalah dakwah harus dilaksanan dengan cara yang baik.menyeru dengan hikmah wa mau’idzzatil hasanah. Jika murobbi belum pernah mentraktir mutarobbi = belum afdhal.. (QS.at taubah : 25)
Hikmah artinya : adanya kebermanfaatan dari sisi OBJEK DAKWAH, bukan dari sisi SUBJEK dakwah.
Baik dari se gala sisi (QS. Yaasin)
Mauidzzatil hasanah /nasihat yang baik : artinya nasihat yang disampaikan hanya akan masuk kepada orang yang baik dari hati yang baik, beriman hatinya. (Qs. Al balad)
3.       Dan
4.        ‘ala bashirotin (diatas bukti yang nyata dan ilmu yang menerangi
Dakwah ini harus didasarkan pada ilmu, bukti yang nyata, bukan diatas mukjizat, sihir apalagi khayalan. Disampaikan dengan bukti yang nyata, mengapa? Karena ketika hikmah disampaikan dengan keajaiban, maka keajaiban itu bisa terkalahkan dengan keajaiban lain yang dirasa lebih hebat. Contohnya seperti bani israil ketika melihat kehebatan tongkat nabi musa yang bisa menjadi ular mereka sangat takjub namun ketika melihat sapi yang bisa bicara, mereka serta merta berpaling dari nabi musa as.
Manusia menjadi makhluh yang paling sempurna dan mulia dibandingkan makhluk lainnya, sehingga jin, malaikat dan setan diminta sujud di hadapannya adalah karena manusia tidak ajaib, manusia tidak ghoib, keberadaannya nyata. Manusia mulia karena manusia menjalani proses untuk tahu, ia perlu ilmu.rasululloh mngajak pada risalah Alloh dengan ilmu, sehingga masyarakat beriman karena ilmu, bukan karena keajaiban. Dalam suatu hadis diceritakn seorang wanita datang kepada rasululloh untuk minta disembuhkan karena ia memiliki penyakit yang ketika penyakit tersebut kambuh, ia akan kejang kejang hingga terlihat auratnya. Kemudian rasululloh memberikan pilihan, wanita tersebut, bahwa 1. Ia sembuh atau 2.bersabar dalam keimanan dan ketaaan sehingga ia mendapatkan surge sebagai ganjarannya. Lalu kemudian sang wanita memilih surge Alloh dan kemudian hanya meminta untuk rasululloh mendoakan dia agar jika kambuh penyakitnya tak tersingkap auratnya.
Dan yang perlu diingat, dakwah itu g bisa sendiri sendiri, harus berjamaah, ada kepemimpinan atua bahasa kerennya ada qiyadah wal jundiyahnya.
5.       Wa subhanalloh (dan maha suci ALLOH)
Mensucikan Alloh dari segala kegiatan dakwah yang tak seberapa.
Sedikit kisah bahasa arab, kalo di sana, subhanalloh itu digunakan sebagai ungkapan, ketika misalnya kita melakukan kegiatn yang ternyata hasilnya kurang baik ( konotasinya terbalik dengan orang Indonesia), kalo masya ALLOh digunakan untuk mengagumi ciptaan Alloh, jadi masya Alloh la haulawalaquwwata illa billah.
6.       Wama ana minal musyrikin (dan aku tidak termasuk orang orang yang menyekutukan Alloh)
Dakwah sangat dekat dengan ke musyrikan, misalnya karena mengajarin orang lain, jadi menganggap, murid harus mengagungkan, menghormati gurunya secar berlebihan, dan meminta lebih dibandingkan kepada ALLoh.
Hikmahnya bisa dilihat di Surah Ar Ruum : jgn kalian menjadi orang musrik yang membagi bagi agamanya. Jadi tidak ada spesialisasi dalam dakwah lalu kemudian berkumpul kumpul bersama kelompoknya, dan kemudian mengatakan yang lain salah. Karena kan kalo ahli di bidang biologi namanya ahli biologi, kalo bicaranya dari sudut pandang matematika namanya ahli matematika, na, kalo sedikit sedikit bicaranya dari sudt pandang bid’ah kan berarti ahli bid’ah?? ;)
Dakwah ini universal. Ia mencakup semua aspek kehidupan dari kesehatan, siyasi, social, budaya, kepemimpinan, undang undang peraturan, pendidikan dsbg.
Atau golongan musyrik ke2, (ali imron 79) :

79. Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu Dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani[208], karena kamu selalu mengajarkan Al kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.

[208] Rabbani ialah orang yang sempurna ilmu dan takwanya kepada Allah s.w.t.

Penutup
Kita adalah umat yang istimewa, karena kata rasululloh, umatku adalah umat yang paling terakhir tapi umat yang paling pertama. Artinya palign terakhir diturunkan tapi yang paling pertama memasuki surganya ALLOH. Diharamkan surganya ALLOh sebelum dimasuki oleh aku dan pengikutq masuk ke dalamnya.
 Kenapa seperti itu karena:
1.       Kewajiban berdakwah pada zaman sebelum rasululloh Muhammad hanya di emban oleh nabi dan rasulnya, masyarkatnya tinggal ngikut. Sedangkan untuk zaman rasululloh dan seterusnya, wajib dakwah bagi semua
2.       Pada zaman sebelum rasululloh, jika umatnya ‘mucil’, akan dibinasakan. Tapi untuk zamn setelah rosululloh sebagai permintaan rasululloh, ketika beliau terluka dan sambil menahan darahnya tidak tertetes ke bumi, berliau meminta untuk agar oragn orang kafir dilawan sendiri oleh orang orang beriman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abah

Catatan Diri!

Pintu masuknya syaithon golongan jin pada manusia