10 Karakter kepribadian unggulan (part2)

kembali lagi bersama aku sob... ini part 2 dari 10 karakter kepribadian unggulan. di postinganku sebelumnya kita sudah membicarakan tentang pentingnya AQIDAH YANG LURUS dan IBADAH YANG BENAR. kenapa 2 poin utama ini menjadi bagian pertama, karena ya dua poin ini ya yang paling esensi. utama sob. jangan pernah merasa puas dengan apa yang kita punya, terus dan terus belajar insyaALloh Alloh akan sedikit demi sedikit memberi kita pengetahuan dan membuat kita tahu bahwa kita banyak nggak tahunya.. ehehe g bingung khan? intinya, aku pengen tekankan bahwa kita harus wajib bikin Aqidah kita lurus, jangan mudah untuk disusupi paham-paham yang hanya berani jawab tapi nggak berani nanggung. alias nggak berani tanggung jawab.
poin ketiga dari kepribadian unggulan adalah akhlaq alias attitude a.k.a perilaku yang baik a.k.a AKHLAQ yang TERPUJI. Kenapa akhlaq sob? karena akhlaq adalah satu-satunya instrumen yang bisa mengindikasikan apakah kita sudah berusaha untuk menjadi benar dan bisa terlihat benar. ngerti nggak? beribet yak bahasa saya? itninya gini, akhlaq adalah satu satunya sarana untuk kita bisa mengekspresikan usaha kita dalam meluruskan aqidah dan melaksanakan ibadah yang benar.

(QS. 29: 45) Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

dengan ibadah yang benar kita akan terhindar dari perbuatan yang keji dan munkar. jadi kalo misalnya ada seseorang yang rajin sholat tapi masih suka dugem, masih suka nonton film warna biru (blue), masih suka mencuri, merampok, korupsi, de es be ge de ka ka de el el. itu artinya dia belum beneran sholat. mungkin secara fisik iya dia sholat, tapi apakah benar dia sudah melibatkan akal dan hatinya untuk turut sholat bersamanya. karena ketika seseorang berusaha untuk beribadah yang benar insyaAlloh akhlaqnya perlahan juga akan terperbaiki.
Trus gimana kalo ada yang ngomong begini
'tapi, sekarang mana ada siih yang akhlaqnya beneran baik... paling ada maunya'
halloooow... kamu baru saja menjadi praktikan akhlaq yang buruk. Terlalu mudah berfikir negatif juga termasuk akhlaq yang harus dihindari ya sob... karena hanya orang orang yang negative thinking yang tidak tenang hidupnya. awas stress!
kalo bingung cari orang yang bisa dijadikan contoh untuk akhlaq yang baik, maka seharusnya kamu nggak perlu bingung sob. karena sosok itu sebenarnya telah melegenda, diabadikan dalam banyak buku dari karangan seorang sejarawan, ilmuwan, dokter bahkan orang yang membencinya sekalipun tetap memujinya. dalam buku 100 tokoh paling berpengaruh di dunia, dia adalah tokoh nomor wahid alias nomor 1. siapa dia??? yups, bener banget nabi Muhammad sallahu'alaihi wa sallam

QS (9 : 128). Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin

nah, ini dia sob salah satu kunci akhlaq seorang mukmin, berkasih sayang. lemah lembut. jadi salah besar kalo dibilang islam itu teroris dan menyukai kekerasan. Alloh itu Maha Lembut sob, mana mungkin menyuruh umatNya untuk melakukan hal yang kasar. yang ngomong aja tuh yang kurang ilmu.
by the way tentang ayat diatas, perlu kita perhatikan sob bahasan diatas adalah untuk mukmin. mukmin lho ya, artinya orang-orang yang beriman. tolong dibedakan ketika didalam alquran disebutkan 'bagi orang orang mukmin' dan 'bagi orang orang muslim'. karena ternyata ketauhidan seseorang itu juga bertingkat sob. yang pertama yaitu berislam. ini artinya dia mengucapkan 2 kalimat syahadat titik. selama dia tidak melanggap syarat terbatalkannya syahadat, maka dia masih bisa disebut muslim. golongan orang munafik masih masuk dalam golongan ini (kalo nggak salah ya...), tapi kalo orang yang syirik udah nggak masuk hitungan, karena syirik termasuk dalam hal yang membatalkan syahadat.
Berbeda dengan orang beriman. kalo seseorang beriman, artinya dia sudah beriman. meyakini dengan hati, melaksanakan dengan perbuatan dan menyampaikan dengan perkataan. ini artinya seorang yagn beriman selain telah bersyahadat, dia juga meyakini bahwa jalan hidup yang benar yang dengan berislam. senantiasa belajar dan berusaha memperbaiki aqidah, dan ibadahnya. yakin seyakin yakinnya bahwa hanya Alloh penggenggam hidupnya. sebenarnya ada 1 lagi sob yaitu ihsan. ini bahasannya lebih panjang lagi, insyaAlloh nanti kita bahas di lapak yang lain. intinya kalo ihsan itu sudah diatasnya iman sob. kalo iman sampe pada tahap yakin, ihsan sudah sampai pada tahap dia mampu menghayati apa yang Alloh sampaikan melalui rasululloh tapi dia sadar bahwa apa yang dibayangkannya jauh dari sempurna dan sangat jauh dari apa yang sebenarnya dan dia sadar betapa dia amat kecil. gitu-gitu dah pokoknya... hehe
back to the topic... soal akhlaq yang terpuji ini meliputi beberapa aspek sob, dari perkataan kita yang senantiasa kita usahakan untuk menadi lebih sopan santun, perbuatan hingga persangkaan hati termasuk pada topik akhlaq. banyak banget bahasan tentang akhlaq di alquranul kariim sob. bajibun jumlahnya. ini beberapa contohnya. dan masih banyak lagi di dalam kitab sepanjang masa ini...

(QS 68:4) Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.

(QS 3: 159). Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah.  Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. 

(QS. 5 : 54 ) Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.

rosululloh sendiri ketika menyampaikan tentang ketauhidan, meluruskan aqidah umatnya pada masa itu dengan memberikan contoh, melalui akhlaq yang terpuji. karena sebaik baik guru adalah keteladanan, maka tak diherankan dan tak perlu disanggah betapa tingginya akhlaq generasi Quran pada masa rasululloh. bikin ngiri... hiks...hiks T.T 

nah, 3 karakter diasat sudah cukup untuk membuat kita sehat secara pribadi. untuk diri kita sendiri. tapi ternyata dari definisi WHO kalo sobat masih ingat ternyata sehat itu tidak hanya secara idnividual tapi juga secara sosial. untuk bisa mencapainya maka ada 7 poin penting agar bisa menjadi manusia sehat seutuhnya... apa itu sob...
 ntar aku share lain hari ya. di halaman berbeda deh. supaya lebih enak kita mengingatnya. oke sob, see u next page....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Abah

Catatan Diri!

Pintu masuknya syaithon golongan jin pada manusia